Jl. Dharmahusada No.146, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285
Buka 24 Jam

Cek Tekanan Darah Secara Berkala di Granostic

Cek Tekanan Darah Secara Berkala di Granostic

Cek tekanan darah secara berkala adalah kegiatan memeriksa tekanan darah pada interval waktu tertentu untuk memantau kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Mengapa cek tekanan darah begitu penting? Tekanan darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti hipertensi, yang sering kali tidak menunjukkan gejala awal. Hipertensi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kerusakan organ lain jika tidak ditangani dengan baik.

Dengan rutin memeriksa tekanan darah, seseorang dapat mengetahui apakah tekanan darah mereka berada dalam kondisi normal atau mengalami perubahan yang bisa berdampak negatif pada kesehatan. Lakukan pengecekan rutin di Granostic maka Anda dapat memantau kondisi tekanan darah Anda dan mendapatkan saran medis yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, memantau tekanan darah juga membantu dokter dalam menyesuaikan pengobatan dan memberikan saran gaya hidup yang sesuai untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan dini atau pengobatan yang tepat.


Tahap Pemeriksaan MCU Untuk Hipertensi
Proses pengecekan tekanan darah di Granostic sangat sederhana dan cepat. Anda tidak perlu khawatir tentang prosedur yang rumit atau memakan waktu lama. Kami menggunakan alat-alat modern yang memberikan hasil yang akurat dalam hitungan menit.
Adapun beberapa tahap pemeriksaan MCU untuk hipertensi di Granostic dijelaskan sebagai berikut:
1. Pengukuran Tekanan Darah
Tahap pertama dalam medical check-up hipertensi di Granostic adalah pengukuran tekanan darah. Tahap ini dilakukan dengan alat pengukur tekanan darah yang akurat, berupa sfigmomanometer baik otomatis maupun manual.

Pengukuran dilakukan dalam kondisi tenang dan santai, biasanya dilakukan dua hingga tiga kali untuk memastikan hasil yang konsisten.

Proses ini penting untuk menentukan apakah tekanan darah Anda berada dalam kisaran normal atau menunjukkan tanda-tanda hipertensi.

Hasil pengukuran akan dicatat dan dibandingkan dengan nilai tekanan darah normal. Tekanan darah normal umumnya berada di bawah 120/80 mmHg.

Jika hasil pengukuran menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari angka normal, dokter akan mempertimbangkan langkah-langkah lanjutan untuk diagnosis dan penanganan.

2. Pemeriksaan Fisik
Setelah pengukuran tekanan darah, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan ini melibatkan pengecekan tanda-tanda fisik yang dapat menunjukkan hipertensi atau komplikasi yang terkait.

Dokter akan memulai dengan mengajukan pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda, termasuk riwayat keluarga dengan hipertensi atau penyakit jantung, kebiasaan hidup, diet, dan aktivitas fisik.

Informasi ini membantu dokter memahami faktor risiko yang mungkin Anda miliki. Selanjutnya, dokter akan mengukur berat badan dan tinggi badan Anda untuk menghitung indeks massa tubuh (BMI). BMI yang tinggi dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Dokter akan mendengarkan suara jantung dan paru-paru, memeriksa pembuluh darah, dan mungkin memeriksa area tubuh lainnya untuk mencari tanda-tanda pembengkakan atau masalah lain yang mungkin disebabkan oleh tekanan darah tinggi.


3. Pemeriksaan Urine
Pemeriksaan urine juga merupakan bagian penting dari medical check-up hipertensi. Tes urine dilakukan untuk mengevaluasi fungsi ginjal dan mendeteksi adanya protein atau zat lain dalam urin yang bisa menunjukkan kerusakan ginjal akibat hipertensi.

Anda akan diminta untuk memberikan sampel urine. Biasanya, Anda akan diberi wadah steril dan instruksi tentang cara mengumpulkan sampel urine yang bersih.

Tenang saja, pengumpulan sampel urin bisa dilakukan di tempat khusus yang disediakan oleh Granostic untuk menjaga privasi dan kenyamanan Anda.

Jadi, pemeriksaan urine memberikan informasi berharga tentang kondisi ginjal dan membantu mengidentifikasi komplikasi potensial sejak dini. Hal ini dapat membantu dokter dalam memahami tindakan apa yang akan ia ambil.


4. Pemeriksaan Kondisi Mental
Pemeriksaan kondisi mental melibatkan evaluasi kesehatan mental dan emosional Anda. Stres dan kecemasan dapat berkontribusi pada peningkatan tekanan darah, sehingga penting untuk menilai kondisi mental Anda.

Dokter atau konselor mungkin akan menanyakan tentang tingkat stres, kebiasaan tidur, dan kesejahteraan emosional secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi tekanan darah Anda.

Dengan melakukan pemeriksaan kondisi mental, dokter spesialis Granostic memastikan bahwa aspek psikologis yang mempengaruhi tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular Anda juga diperhatikan. Penanganan yang komprehensif ini membantu dalam pengelolaan hipertensi secara lebih efektif, meningkatkan kesejahteraan keseluruhan Anda.


5. Pemeriksaan Laboratorium
Pemeriksaan laboratorium melibatkan berbagai tes darah yang membantu dalam mengevaluasi kesehatan secara keseluruhan. Tes ini termasuk pemeriksaan kadar kolesterol, gula darah, dan fungsi ginjal.

Hasil dari tes ini memberikan informasi penting tentang risiko tambahan yang mungkin Anda miliki terkait dengan hipertensi, seperti diabetes atau penyakit jantung. Hasil tes laboratorium biasanya tersedia dalam beberapa hari. Dokter akan meninjau hasil ini bersama Anda, menjelaskan apa arti setiap tes dan bagaimana hasilnya berhubungan dengan kesehatan dan tekanan darah Anda.

Pemeriksaan laboratorium adalah bagian penting dari medical check-up hipertensi karena memberikan informasi mendetail tentang berbagai aspek kesehatan yang dapat memengaruhi atau dipengaruhi oleh tekanan darah tinggi. Dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan atau perubahan gaya hidup yang sesuai.

6. Elektrokardiogram (EKG)
Elektrokardiogram (EKG) adalah tes yang merekam aktivitas listrik jantung Anda. Tes ini penting untuk mendeteksi adanya masalah jantung yang mungkin disebabkan atau diperburuk oleh hipertensi.

EKG dapat mengidentifikasi irama jantung yang tidak normal, kerusakan jantung, atau tanda-tanda penyakit jantung lainnya.
Jika EKG menunjukkan adanya masalah, dokter mungkin akan merekomendasikan tes tambahan, seperti echocardiogram atau tes stres untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kondisi jantung Anda.

Pemeriksaan EKG adalah langkah penting dalam medical check-up hipertensi karena membantu mengidentifikasi masalah jantung yang mungkin tidak terlihat melalui pemeriksaan fisik atau tes laboratorium saja.

Dengan memahami kondisi jantung Anda secara lebih mendalam, Granostic dapat memberikan perawatan yang lebih tepat dan efektif untuk mengelola hipertensi dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda.


Lakukan Semua Kebutuhan MCU Untuk Hipertensi di Granostic

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, Anda tentu sudah paham pentingnya melakukan cek tekanan darah secara berkala. Pemeriksaan rutin membantu mengontrol tekanan darah, karena gaya hidup dan pola konsumsi manusia bisa berubah sewaktu-waktu. Perubahan ini dapat mempengaruhi tekanan darah, sehingga perlu dipantau secara berkala.

Granostic sebagai penyedia semua layanan yang diperlukan untuk medical check-up hipertensi dalam satu tempat, memastikan bahwa setiap aspek kesehatan Anda diperiksa dengan saksama. Dengan mengikuti semua tahapan ini, Anda akan mendapatkan gambaran lengkap tentang kondisi kesehatan Anda dan dapat bekerja sama dengan tim medis untuk mengelola hipertensi dengan efektif.
Granostic berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang komprehensif dan berkualitas tinggi untuk membantu Anda menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah Anda.

Tidak perlu khawatir, untuk konsultasi di Granostic bisa dilakukan melalui chat atau pesan WhatsApp, serta melalui panggilan video. Sangat mudah dan praktis, bukan?


Hubungi tim Klinik Granostic dengan mengklik tombol di bawah ini untuk membahas layanan pemeriksaan kesehatan untuk lansia yang Anda butuhkan. Mari kita jaga kesehatan keluarga kita dengan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin di Klinik Granostic.

Home Service
Loading
Toast Message