Jl. Dharmahusada No.146, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285
Buka 24 Jam

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Saat Puasa

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Saat Puasa

Anda merasa siklus haid tidak lancar saat berpuasa? Meski tidak jadi penyebab langsung, tetap ada kemungkinan siklus menstruasi Anda mengalami perubahan ketika berpuasa. Namun tak perlu khawatir, karena hal ini dapat diatasi tanpa perlu membatalkan puasa Anda.

Secara umum, siklus menstruasi atau haid dapat berlangsung selama 28 hari. Namun, durasi siklus ini cukup bervariasi pada tiap individu, ada yang lebih lama atau lebih cepat.

Siklus menstruasi Anda dapat digolongkan teratur jika dapat setiap 24 hingga 38 hari.
Ketika berpuasa, terdapat kemungkinan seseorang akan mengalami haid tidak lancar. Hal ini berkaitan dengan perubahan pola makan, asupan nutrisi yang didapat tubuh Anda, pola istirahat, dan gaya hidup yang berubah.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika haid tidak lancar di saat puasa?
Jangan panik dulu, Sobat Granostic. Agar siklus haid kembali normal dan lancar, Anda bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini. Catat, ya!

1. Pastikan asupan nutrisi Anda cukup dan seimbang
Makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, serta siklus menstruasi Anda. Menurut Studi tahun 2019 pada 87 remaja di Lamongan, menunjukkan bahwa status gizi sangat berpengaruh pada siklus haid responden.

Karenanya perlu diterapkan pengaturan pola makan yang baik dari jumlah dan kualitas makanan, serta melakukan aktivitas yang cukup, sehingga tercipta status gizi normal.

Selama puasa, banyak dari kita yang mungkin kurang memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi. Akhirnya tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan secara cukup.

Kebiasaan makan makanan cepat saji, produk olahan, dan alkohol juga menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hal ini kemudian akan membuat pola menstruasi tidak teratur.

Karenanya, cara untuk mengatasi haid tidak lancar saat puasa yang pertama adalah dengan memperbaiki pola makan Anda. Mulailah kebiasaan makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi.

Buah-buahan dan sayuran hijau bisa jadi pilihan Anda. Karena dua makanan tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk melancarkan haid, misalnya vitamin C.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan karena mengandung asam lemak omega-3 dan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan asam lemak omega-3 ini dapat meningkatkan kadar lemak baik dalam darah.

Selain itu, asam lemak omega-3 dan zat besi juga dapat mengatur produksi hormon dalam tubuh, sehingga siklus haid dapat kembali normal.

2. Minum Air yang Cukup

Cara mengatasi haid tidak lancar saat puasa selanjutnya adalah dengan minum air putih yang cukup. Anda dianjurkan untuk minum 8 gelas air sehari, setara dengan 2.3 liter air.

Anda bisa minum 2 gelas air saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari (di antara waktu buka puasa dan sahur), dan 2 gelas lagi saat Anda sahur.

Dehidrasi memang tidak bisa dibilang sebagai penyebab utama haid Anda tak lancar saat puasa. Namun, kekurangan cairan akan membuat tubuh Anda mudah merasa lemas, lelah, dan mengalami stres fisik.

Kelelahan berlebihan ini nantinya akan berpengaruh pada siklus menstruasi Anda. Selain itu, dehidrasi karena kurang minum air juga dapat memperburuk nyeri haid yang Anda alami.

Minum air putih saat haid juga dapat membantu mengatasi kram pada perut dan memperlancar aliran darah.


3. Pola Makan yang Sehat

Tak hanya memastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung gizi seimbang, mengatur pola makan saat puasa juga penting.
Sebab ketika pola makan kita tidak teratur juga akan berpengaruh pada lancar atau tidaknya siklus haid kita. Lantas bagaimana pola makan yang sehat saat puasa tersebut?

Ahli Gizi Universitas Indonesia (UI) membagikan pola makan saat puasa yang sehat, yakni:


4. Hindari Stres Berlebihan
Cara mengatasi haid tidak lancar saat puasa selanjutnya adalah dengan menghindari stres berlebihan.
Seperti yang Anda tahu, bahwa stres adalah penyebab gangguan siklus haid yang paling sering dialami oleh perempuan.

Meski puasa sendiri memiliki manfaat yang baik untuk meringankan stres, bukan berarti Anda akan bebas stres sama sekali.
Karena tubuh Anda tidak mendapatkan cukup energi selama berpuasa, wajar jika Anda mudah stres saat puasa. Apalagi jika Anda memiliki kegiatan yang padat atau pekerjaan dengan tekanan tinggi.

Karenanya penting untuk mengelola stres Anda dengan beristirahat yang cukup, mengatur jadwal aktivitas harian agar tidak terlalu padat. Selain itu Anda juga dapat melakukan olahraga ringan seperti yoga atau latihan pernapasan secara teratur. Olahraga tak hanya akan membantu membuat tubuh Anda lebih bugar, tapi membuat pikiran jadi lebih santai, dan tidur Anda jadi lebih berkualitas.


5. Konsultasikan dengan Dokter
Cara-cara di atas bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah, dengan catatan bahwa kondisi ini tidak terjadi secara terus menerus, atau disertai dengan berbagai gejala lain.

Sebab jika keterlambatan siklus menstruasi ini terjadi secara terus menerus, ini dapat mengindikasikan adanya gangguan lain yang mungkin lebih serius pada kesehatan reproduksi Anda.

Sehingga sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan secara langsung. Dengan begitu Anda dapat mencari tahu sebenarnya apa yang membuat haid Anda tidak lancar saat puasa tersebut.

Konsultasi dokter ini dapat Anda lakukan di klinik Granostic Center. Bersama dokter spesialis kandungan kami, Anda dapat melakukan pengecekan kesehatan dan berkonsultasi langsung bersama ahlinya.

Berkomitmen memberikan pelayanan andalan untuk Anda, kami menyediakan ragam tes kesehatan terlengkap. Didampingi oleh tim tenaga kesehatan (nakes) yang ahli dan profesional, Anda bisa mendapatkan hasil tes yang akurat.

Lewat hasil pemeriksaan tersebut, dokter dapat memberikan arahan atau anjuran pengobatan yang sesuai.

Menariknya lagi, Anda tak harus datang langsung ke klinik Granostic Center untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan kami.

Melainkan lewat layanan Home Service, Anda bisa berkonsultasi jarak jauh kapanpun Anda membutuhkannya.
Bagaimana cara melakukan konsultasi online atau layanan Home Service dari Granostic Center? Mudah, Anda hanya perlu klik tombol di bawah ini.

Salam sehat, Sobat Granostic!

Home Service
Loading
Toast Message