Jl. Dharmahusada No.146, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285
Buka 24 Jam

Kenali Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui

Kenali Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui

Tahukah Anda bahwa ibu menyusui (busui) boleh dan aman untuk berpuasa? Bahkan menjalankan puasa dengan tata cara yang tepat bisa membawa manfaat tersendiri untuk ibu menyusui, loh.

Sebagai seorang ibu, Sobat Granostic pasti sangat peduli terhadap kesehatan bayi Anda. Terlebih dalam masa-masa menyusui, Anda tentunya berharap bahwa si kecil mendapatkan banyak gizi dari ASI yang diberikan dan mampu tumbuh sehat.

Karenanya, kekhawatiran untuk menjalankan puasa ketika menyusui pun sering menghantui. Padahal, banyak ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa tak ada masalah bagi seorang ibu menyusui untuk berpuasa. Dengan catatan, bahwa sang ibu memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tak mengalami kekurangan gizi.

ASI yang dihasilkan selama ibu berpuasa pun tidak akan berkurang secara kuantitas, sementara nilai gizinya bisa berubah namun tidak signifikan. Sehingga tidak akan menimbulkan dampak berbahaya pada si bayi.

Nah, tak hanya boleh dan aman, rupanya puasa bagi ibu menyusui membawa manfaat tersendiri, loh.
Masa’ sih? Langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Sobat!
1. Meminimalisir Risiko Diabetes
Manfaat puasa bagi ibu menyusui yang pertama adalah mengurangi risiko terkena diabetes. Terlebih sebuah studi dari The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula dapat menimbulkan perkembangan kognitif yang lebih buruk pada anak-anak setelah dua tahun.

Sebab itu, penting bagi ibu menyusui untuk menghindari makanan atau minuman tinggi gula. Puasa, dalam kaitannya, dapat membantu mengontrol risiko diabetes pada ibu menyusui. Melansir dari Healthline, beberapa studi mengungkapkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, sehingga sangat membantu orang-orang yang berisiko mengidap diabetes.

Nah, agar Anda manfaat mencegah diabetes ini berjalan lebih maksimal, Anda perlu menghindari konsumsi gula secara berlebihan saat berpuasa. Terlebih di saat waktu sahur, yang bisa menyebabkan Anda lebih mudah merasa lapar dan lelah di pagi hari ketika berpuasa.


2. Peningkatan Kesehatan Jantung
Manfaat berpuasa untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung secara umum. Hal ini sebenarnya juga berlaku untuk semua kalangan yang melakukan puasa, loh. Masih dari laman Healthline, dikatakan bahwa terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa dengan berpuasa dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebab puasa dapat menjadi alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol total dan beberapa faktor risiko penyakit jantung, khususnya pada orang kelebihan berat badan. Selain itu, terdapat studi lain yang menjelaskan bahwa puasa dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, kadar trigliserida darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat (LDL).

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari puasa ini, ibu menyusui juga perlu memperhatikan menu makanan yang akan dikonsumsi selama berpuasa.


3. Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa
Jika diterapkan dengan pola makan dan istirahat yang tepat, ibu menyusui selama puasa juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik. Sehingga kualitas ASI yang dihasilkan pun tidak akan banyak berubah dan tetap mengandung banyak nutrisi untuk si kecil.

Anda dapat menyiapkan menu buka puasa dan sahur yang bergizi lengkap, kemudian ditambah dengan minuman yang sehat serta mampu mengembalikan kebutuhan cairan tubuh.

Beberapa menu yang dapat ibu menyusui selama puasa yakni:
- Karbohidrat kompleks seperti millet, buncis, oat, sereal multigrain, ubi jalar, kentang, dan sejenisnya. Makanan ini dapat dicerna dengan lambat, sehingga membuat perasaan kenyang bertahan lama
- Makanan berserat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan
- Protein rendah lemak seperti seafood, susu almond, dan sejenisnya
- Vitamin dan mineral yang dapat Anda peroleh buah, sayur, dan berbagai sumber pangan lainnya
- Minum air mineral yang cukup

Selain dari makanan di atas, Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan meminum suplemen atau mengonsumsi sumber-sumber nutrisi penting pada ASI seperti seng, magnesium, dan kalium.

Makanan yang sehat memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan nutrisi ibu menyusui. Ketika memilih makanan yang tepat selama berpuasa, mengatur pola makan yang teratur juga akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.


4. Detoksifikasi Tubuh
Manfaat lain dari puasa bagi ibu menyusui adalah dapat mendetoksifikasi tubuh. Maksudnya ketika berpuasa tubuh bisa mengurangi kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Detoksifikasi sendiri merupakan proses tubuh kita dalam memperoleh gizi yang tepat dengan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk membuang zat-zat beracun.

Saat berpuasa, sistem pencernaan seperti hati, pankreas, lambung, usus besar, dan usus halus kita akan beristirahat selama 12 jam. Sehingga ketika berbuka puasa nantinya, organ pencernaan akan dapat bekerja dengan lebih baik.

Nah, dengan pencernaan yang sehat tentu penyerapan nutrisi makanan oleh tubuh ibu juga akan berjalan dengan optimal. Sehingga tubuh sang ibu juga akan jadi lebih sehat, kemudian kualitas ASI yang dihasilkan pun baik.


5. Perbanyak Minum Air Putih

Tak hanya nutrisi pada makanan, Anda juga harus memperbanyak minum air putih saat berpuasa. Sebab bagi seorang ibu menyusui, jumlah air yang dibutuhkan per hari sebanyak 3.000 ml, atau setara dengan 12–13 gelas air. Ya, jumlah ini lebih banyak daripada ibu yang tidak menyusui.

Namun Anda tidak perlu meminumnya sekaligus dalam satu waktu, ya. Anda bisa membaginya ke dalam tiga waktu, yakni saat Anda berbuka, di malam hari (waktu antara buka dan sahur), juga saat sahur.

Tak hanya menjaga produksi ASI saat berpuasa, Anda juga memerlukan cairan tambahan agar tidak mudah dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan rasa lemas, pusing, bibir kering, mual, kram otot, hingga kacaunya suasana hati.

Kondisi ini juga dapat mempengaruhi kelancaran keluarnya ASI Anda, sehingga dapat membuat bayi tidak mendapatkan asupan yang cukup.

Sobat Granostic, itu adalah penjelasan mengenai apa saja manfaat puasa bagi ibu menyusui. Meskipun belum ada banyak penelitian mengenai manfaat puasa pada ibu hamil secara khusus, namun studi tentang manfaat puasa secara umum sudah sangat banyak diterbitkan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa demi keamanan ibu dan bayi Anda perlu memastikan bahwa tubuh Anda cukup sehat untuk berpuasa. Karenanya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengecek kesehatan dan kesiapan tubuh Anda di klinik Granostic.

Bersama dokter spesialis dan tenaga kesehatan (nakes) kami, Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh. Anda pun dapat berkonsultasi mengenai pola makan dan istirahat yang tepat sesuai kebutuhan tubuh saat menjalani puasa.

Langsung kunjungi klinik Granostic untuk pengecekan dan konsultasi tatap muka bersama dokter. Atau Anda bisa melakukan konsultasi secara online melalui layanan Home Service dengan klik tombol di bawah.

Berkomitmen memberikan yang terbaik untuk ibu dan anak, dokter kami akan menanggapi keluhan dan menjawab kebutuhan Anda selama berkonsultasi dengan profesional.

Nah, bagaimana, Bunda? Tertarik untuk menggunakan layanan konsultasi jarak jauh dari Granostic? Langsung klik tombol di bawah ini ya!

Home Service
Loading
Toast Message