Jl. Dharmahusada No.146, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285
Buka 24 Jam

Diet Seimbang Untuk Gaya Hidup Sehat

Diet Seimbang Untuk Gaya Hidup Sehat

Setelah membahas tentang fenomena remaja jompo yang disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik dan berlangsung lama, dr Aji menjelaskan tentang diet seimbang yang baik untuk memperbaiki gaya hidup, melalui Granostic Health Podcast ep. 2. 

Diet seimbang yang baik untuk tubuh harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Tidak hanya memerhatikan porsi makan, tetapi juga harus memerhatikan jenis makanan apa saja yang ada dalam satu porsi makan. Dr. Aji menyampaikan bahwa sebaiknya, pada 1 piring makan harus terisi dengan 1/3 karbohidrat, 1/3 lemak, dan 1/3 protein. 

Selain itu pemilihan jenis  makanan juga harus diperhatikan. Misalnya karbohidrat, sebisa mungkin memilih karbohidrat kompleks yang tidak mudah dicerna oleh tubuh, sehingga dapat kenyang lebih lama. Selanjutnya adalah lemak, pemilihan lemak juga harus diperhatikan, hal ini karena lemak yang kurang baik untuk tubuh akan menyumbat pembuluh-pembuluh darah dan dapat menyebabkan penyakit-penyakit lainnya. Maka dari itu lemak yang dipilih untuk dikonsumsi haruslah lemak tak jenuh, seperti lemak dari tumbuh-tumbuhan. 1/3 porsi berikutnya adalah protein. Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mengabaikan porsi protein dalam makanan sehari-harinya. Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas dan membangun otot sehingga tubuh lebih berenergi. Pemilihan protein tidak harus dari suplemen atau vitamin, cukup dengan mengonsumsi kacang-kacangan, daging ayam, sapi maupun ikan. 

Tidak hanya nutrisi berupa karbohidrat, lemak dan protein, kebutuhan vitamin dan mineral juga harus diperhatikan. Meskipun perhitungannya tidak sekompleks nutrisi utama, vitamin dan mineral tidak dapat disepelekan. Vitamin dan mineral dapat dengan mudah didapatkan melalui buah dan sayur. 

Yang tidak kalah penting adalah variasi menu makanan setiap hari. Selain dapat menyebabkan kebosanan, mengonsumsi makanan yang tidak bervariasi dapat menyebabkan gizi yang masuk dalam tubuh tidak seimbang. Maka variasi makanan diperlukan untuk mencegah hal tersebut. 

SIMAK INFORMASI LENGKAPNYA DI CHANNEL YOUTUBE GRANOSTIC CENTER, ATAU KLIK LINK DI BAWAH INI : 

Granostic Health Podcast Ep.2 : Diet Seimbang



Registrasi Online Home Service
Loading
Toast Message